Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Beli Laptop Bekas dan Standar Pengecekanya

Traveloffline.us - Membeli laptop bekas bisa menjadi cara cerdas untuk menghemat sedikit uang dan Membeli laptop bekas bisa menjadi ide bagus tetapi mendapatkan sesuatu yang hebat. Tetapi Anda harus tahu apa yang harus diwaspadai. 

Tips Beli Laptop Bekas dan Standar Pengecekanya


Anda mendapatkan laptop yang berfungsi penuh dengan sebagian kecil dari biaya sebenarnya. Tetapi membeli laptop bekas memiliki risikonya sendiri, dan seperti halnya membeli mobil baru, ada berbagai pemeriksaan dan tindakan pencegahan yang harus Anda lakukan. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang membeli laptop bekas.

Tips Beli Laptop Bekas dan Standar Pengecekanya


1. Beli dari sumber yang memiliki reputasi baik

Selalu ada risiko saat Anda membeli produk bekas, tetapi Anda dapat menguranginya. Misalnya, membeli di situs seperti bukalapak , Shopee, atau tokopedia akan memberi Anda perlindungan pembeli yang tidak akan Anda temukan di craigslist atau di iklan baris koran lokal Anda.


Anda masih dapat membeli secara langsung, sehingga biasanya menjamin harga yang lebih baik. Tapi ada beberapa cadangan jika ada yang tidak beres.


2. Periksa Body Laptop

Jika Anda bisa memeriksa laptop secara langsung, maka pemeriksaan tubuh menyeluruh sangat penting. Anda perlu memastikan rangka laptop bebas dari retakan dan tanda-tanda benturan. Juga, periksa sekrup yang hilang, engsel yang longgar, dan penyimpangan lainnya.


Bahkan jika laptop berfungsi dengan baik, jika sepertinya sudah melalui perang dan jatuh terlalu sering (atau tidak sama sekali), maka Anda tidak tahu kerusakan internal seperti apa yang mungkin terjadi, yang dapat memperpendek masa pakainya. laptop.


3. Periksa Kondisi Layar

Langkah penting berikutnya adalah memastikan layar dalam kondisi kerja yang baik. Periksa kedipan, perubahan warna, kecerahan, dan piksel buruk.


Buka video dan lihat apakah sudut pandangnya cukup lebar. Bandingkan dengan laptop lain sebelum melakukan pembelian.


4. Uji Keyboard dan Trackpad

Keyboard dan trackpad adalah bagian komputer yang paling sering digunakan, jadi penting untuk memastikan kedua bagian tersebut berfungsi dengan baik.


Periksa tombol yang rusak, perhatikan perjalanan tombol dan lihat apakah Anda merasa nyaman mengetik dengan keyboard. Jika Anda membuat terlalu banyak kesalahan, mungkin yang terbaik adalah mencoba laptop lain.

Periksa gerakan apa yang didukung oleh trackpad dan cobalah (seperti pinch-to-zoom, gulir dua jari, gesek tiga jari, dll.). Jika tombol mouse ada, pastikan tombol tersebut mudah ditekan.


 

5. Uji Port dan Drive CD / DVD

Coba semua port USB, jack headphone, port Ethernet, HDMI, slot kartu SD dan input lain yang tersedia. Banyak di antaranya terpasang langsung ke motherboard, yang mahal untuk diganti. Meskipun CD / DVD sudah usang, banyak laptop lama masih dilengkapi dengan drive CD / DVD. Lakukan juga periksa apakah berfungsi.


6. Periksa Konektivitas Nirkabel

Tidak ada yang menginginkan laptop yang tidak dapat terhubung ke Wi-Fi, jadi pastikan Anda dapat melihat dan terhubung ke jaringan Wi-Fi tanpa repot. Periksa juga untuk melihat bagaimana kinerja Bluetooth.


7. Uji Webcam dan Speaker

Kebanyakan kamera web laptop biasa-biasa saja. Namun, lebih baik memiliki webcam yang berfungsi biasa-biasa saja daripada tidak menggunakan webcam sama sekali.


Saya menduga tidak banyak orang yang menggunakan speaker laptop mereka terlalu banyak, tetapi masih merupakan ide yang bagus untuk melihat seberapa keras speaker tersebut dan melihat apakah suara mudah teredam atau terdistorsi.


8. Periksa Kesehatan Baterai

Anda mungkin tidak selalu dapat melakukan pemeriksaan baterai secara menyeluruh dalam banyak kasus. Namun, Anda bisa mendapatkan gambaran kasar tentang berapa lama baterai bertahan dengan masuk ke pengaturan manajemen daya dari OS yang diinstal untuk melihat berapa banyak daya yang dapat ditampung baterai dan status kesehatan baterai.


Selain itu, pastikan baterai mengisi daya dengan benar dan tidak terkuras terlalu cepat. Jika tidak, mintalah diskon agar Anda bisa mendapatkan penggantinya.


9. Pemeriksaan Perangkat Lunak

Ada beberapa pemeriksaan perangkat lunak yang harus Anda lakukan. Pertama, periksa untuk memastikan sistem operasi yang dimuat sebelumnya adalah asli.


Periksa lisensi perangkat lunak yang disertakan dengan laptop dan pastikan semua kunci produk tersedia untuk Anda. Mintalah CD perangkat lunak asli, CD pemulihan, driver, dan media cadangan yang disertakan dengan laptop.


Itulah yang kami rekomendasikan untuk membantu Anda melakukan Tips Beli Laptop Bekas dan Standar Pengecekanya pembelian terbaik untuk Anda. Jika Anda memiliki tip perdagangan untuk dibagikan, pastikan untuk memasukkannya ke dalam komentar di bawah.

DATADIKDAS.COM
DATADIKDAS.COM 404 Not Found!

Posting Komentar untuk "9 Tips Beli Laptop Bekas dan Standar Pengecekanya"