Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi , Coba Pake Cara ini

Traveloffline.us - Headset tidak terdeteksi. Pernahkah Anda mengalaminya?Banyak orang menemui masalah ini, tak terkecuali saya sendiri. Apalagi jika headset tersebut sudah dipakai selama berbulan-bulan.

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi


Buat yang suka menggunakan headset, masalah seperti ini pastinya ganggu, ya? Misalnya:

  • Waktu ingin mendengarkan musik. Dengan menggunakan headset, karena suara musik lebih nyaman didengar.Tapi karena ada masalah ini, jadi harus mendengarkan musik lewat speaker.
  • Mendengarkan musik atau hanya sekedar menonton film dari laptop dengan menggunakan headset mungkin adalah sebuah kebiasaan dari kamu semua. Karena dengan menggunakan headset kamu lebih bisa fokus dan tidak terganggu ketika menonton film atau mendengarkan lagu.

Pasti kejadian itu akan sangat membuat kamu kesal, bukan ?Selain bisa fokus, kamu juga tidak akan mengganggu orang  lain yang berada disekitar kamu ketika kamu sedang asik mendengarkan lagu atau menonton film. Tapi pernah kamu mengalami kejadian ketika kamu ingin menonton film di laptop menggunakan headset, tetapi headset tersebut tidak terdeteksi di laptopmu ?

Terus, apa sih penyebab headset tidak terbaca ini? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Headset Tidak Terdeteksi

Umumnya sih karena ada kabel yang putus. Terjadi ketika headset disambung ke HP, namun sistem tidak membaca perubahan apa-apa. Biasanya terdapat pada bagian ujung. Bisa di konektornya, atau bisa juga di bagian earphone-nya.

Penyebab Headset Tidak Terdeteksi di HP Android

Bisa karena hardware nya yang memang sudah usang bisa juga karena faktor sistem. Headset rusak/putus, bisa di ujung headset atau di konektornya. Port jack HP kotor. Masalah services dan sistem tidak dapat membaca headset.

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi 

1. Periksa Headset Anda Terlebih Dahulu

Memeriksa Headset yang Dipakai

Hampir 70% masalah headset tidak terbaca disebabkan karena kondisi headset tersebut yang sudah mau rusak.

Biasanya, hal ini disebabkan karena ada kabel putus atau sambungan solder pada komponen lepas (yang ada earbud-nya itu, lho).

Saya menyarankan agar cek dulu kondisi headset-nya, sebelum mencoba tips-tips selanjutnya.

Cara mengeceknya seperti ini:

  1. Periksa konektor pada headset Anda. Jangan ada kabel yang tertekuk, termasuk pada bagian earphone-nya juga.
  2. Jika ada kabel yang tertekuk, coba perbaiki. Beri selotip agar posisinya tidak kembali berubah.
  3. Cek suara dari headset sambil memperbaiki kabel yang tertekuk. Misalnya sembari memutar musik. Tinggal diatur kabelnya sampai suaranya aktif.
  4. Kalau belum bisa, mungkin bukan dari tertekuk, berarti kabelnya memang sudah putus. Coba deh pakai headset lain dulu untuk memastikannya.
  5. Kalau kabelnya putus, Anda bisa beli headset baru. Tapi kalau nggak mau keluar uang, juga bisa kok disambung lagi sendiri.


2. Cek Kondisi Port Audio

Selain memeriksa kondisi headset, kalian juga perlu memeriksa kondisi port audio pada PC/laptop. Caranya dengan mencoba menghubungkan beberapa headset lain pada PC/laptop kalian, bila ternyata seluruh headset tidak terdeteksi, bisa jadi port audio kalian yang bermasalah.

Tapi pastikan terlebih dahulu kalian telah mencoba mengatasi permasalahan software seperti update driver dan soundcard. Bila sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil, mungkin membawa PC/laptop ke tempat servis menjadi solusi terbaik.


3. Scan for Hardware Changes

Jangan buru-buru mengambil kesimpulan headset rusak atau laptop rusak, pasalnya cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop bisa dilakukan dengan cara scan for hardware changes. Guna dari cara ini adalah, laptop akan memindai hardware apa saja yang mengalami perubahan. Nah, mungkin soundcard yang ada pada laptop Anda ada perubahan sehingga tidak dapat mendeteksi headset.

Untuk melakukan scan for hardware changes sangat mudah dan tidak perlu dilakukan oleh seorang yang profesional. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Buka menu Device Manager dengan cara klik Windows + X pada keyboard laptop.
Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi

2. Setelah klik device managaer, Anda bisa langsung klik sound, video and game controllers.
Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi


3. Jika headset masih gagal terdeksi di laptop, cobalah pilih dan klik scan for hardware changes.
Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi


4. Di akhir, Anda hanya perlu menutup jendela device manager tadi dan coba refresh. Kalau perlu, cobalah untuk restart laptop Anda.


4. Menginstall Driver Soundcard

Solusi lain untuk mengatasi headset yang tidak terdeteksi di laptop, mungkin Anda belum melakukan pemasangan pada driver soundcard. Seperti yang diketahui, keberadaan kartu suara (soundcard) sangat penting untuk melakukan proses mengubah data digital menjadi data suara. Jika Anda tidak memiliki driver soundcard, maka headset tidak akan berfungsi di laptop Anda.

 Nah, kalau seperti ini berarti memang Anda harus melakukan instalasi pada driver soundcard yang tentunya harus sesuai dengan model soundcard di laptop Anda. Biasanya, driver soundcard akan diberikan secara gratis dan memang sudah tersedia pada laptop. Jadi, Anda hanya perlu menginstallnya saja, lalu restart laptop Anda. Simple, kan?


5. Cek Menggunakan Aplikasi SoundsAbout

Anda juga bisa mengecek pengaturan Headset melalui aplikasi SoundsAbout. Pengaturan headset tidak bisa ditemukan pada setiap Smartphone Android. Maka dari itu aplikasi ini bisa membantu anda untuk mengatasi error pada headset. Berikut cara menggunakannya :

  1. Silakan instal terlebih dahulu aplikasi SoundsAbout.
  2. Buka aplikasinya jika sudah terinstal.
  3. Masuk ke menu Connectable Device, lalu buka Wired Headset Settings.soundabout
  4. Aktifkan opsi Wired Headset Detection.
  5. Di pengaturan wired detection ini, nanti headset kabel (bukan Bluetooth) yang tidak terdeteksi bisa normal kembali.

Bagi anda yang belum tahu cara kerjanya, sewaktu headset disambung, seharusnya port membaca bahwa ada perangkat yang masuk.


6. Periksa Menggunakan Perangkat Lain 

Anda juga dapat memeriksa kerusakan dengan menggunakan perangkat lain. Misalnya jika Anda tidak dapat menggunakan headset di perangkat pertama, Anda dapat mencobanya menggunakan perangkat lainya. Ini akan memastikan headset Anda rusak atau tidak. Jika rusak bisa beli headset baru, namu jika perangkat lainya bisa menggunakan headset dan perangkat pertama tidak bisa, maka perangkat pertama rusak. 


7. Coba Mengunakan Headset Lain  

Jika ponsel Anda tidak bisa menggunakan headset. Coba Anda pastikan dulu apakah ponsel yang bermasalah atau headsetnya. Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan dua, tiga, atau lebih headset untuk menentukan apakah ponsel Anda bermasalah atau tidak. Jika Anda telah menguji banyak headset tetapi tetap tidak berfungsi, maka masalahnya ada pada ponsel Anda. 

DATADIKDAS.COM
DATADIKDAS.COM 404 Not Found!

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi , Coba Pake Cara ini"