Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengenali Template Blog Yang Baik

Traveloffline.us - Cara Mengenali Template Blog Yang Baik. Ada banyak sekali template blog atau wordpress yang siap digunakan yang bisa anda pilih dan anda pasang di blog anda dari yang gratisan hingga berbayar tergantung dengan selera dan konsep seperti apa yang anda inginkan.

Cara Mengenali Template Blog Yang Baik

Tapi sebelum anda memasang template pada blog anda ada hal - hal yang harus anda perhaatikan dalam memilih template tersebut agar mendapatkan template yang berkualitas.

Memang sangat banyak template yang siap digunakan namun tidak sedikit pula template yang kurang memperhatikan kualitas, dan ketika digunakan pastinya akan berpengaruh pada optimalisasi pada blog tersebut, padahal kita tahu bahwa selain artikel salah satu faktor yang paling penting yang dapat mempengaruhi exsistensi blog dihalaman Search Engine akan tergantung pada template blog yang digunakan.

Jika template yang digunakan sudah benar dalam artian template yang memenuhi standard maka kemugkinan besar akan dapat meningkatkan SEO blog serta menyokong artikel yang disajikan sehingga ramah mesin pencari dan lebih mudah ditemukan oleh Search Engine.

Untuk memilih template yang berkualitas setidaknya anda harus mengetahui bagaimana cara mengenali template blog yang baik tersebut.

Cara Mengenali Template Blog Yang Baik :

1. Template harus ringan

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah template tersebut haus ringan, Loading Speed atau kecepatan akses sebuah situs atau blog dapat meningkatkan SEO blog yang bersangkutan dan Google sudah melbatkan loading speed sebagai bagian dari 200+google rangking faktor.

Cara Mengetahui Template yang ringan

Ada banyak tool yang dapat kita gunakan untuk mengecek kadar keringanan atau tidaknya suatu template blog, beberapa diantaranya yang kami rekomendasikan :

A. GTmetrix

Tool ini berfungsi untuk memeriksa kecepatan sebuah blog dan juga dapat memberikan saran manasaja yang harus dierbaiki jika nilai belum maksimal.

Untuk menggunakan tool ini, silakan buka Gtmetrix

Silakan masukan alamat Url homepage atau alamat Url artikel yang ingin anda cek, setelah itu klik tombol Analyze dan tunggu hasilnya. sebagai  contoh kami masukan Url homepage https://www.traveloffline.us/

GTmetrix akan melaporkan hasil dari 1 - 100%, jika pagespeed score dan Yslow score nilainya berwarna hijau artinya sudah cukup baik namun jika berwarna kuning itu menandakan masih belum maksimal dan anda masih bisa memperbaikinya sehingga membuatnya sampai 100% agar lebih maksimal.

B. Google Pagespeed Insigh

untuk menggunakan tool ini silakan buka https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/  Silakan masukan Url homepage atau Url artikel yang ingin anda cek, kemudian tekan tombol Analyze setelah itu anda akan melihat hasilnya.  Pagespeed Insigh akan memberikan anda nilai 1 - 100, Template yang baik akan berwarna hijau seperti gambar diatas, jika kuning atau merah berarti anda harus memerbaiki dan google pagespeed Insigh akan memberikan saran apa saja yang harus diperbaiki.  2. Template harus Resposive  Cara berikut ini adalah usahakan agar anda memilih template blog yang responsive yang artinya template dimana tampilan halamannya akan selalu menyesuaikan dengan ukuran layar tanpa harus menggesaer scroll.

Sama halnya seperti GTmetrix, tool ini juga biasa digunakan untuk mencek kecepaatan sebuah blog, ringan atau tidaknya sebuah template yang anda gunakan.

Untuk menggunakan tool ini silakan buka https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Silakan masukan Url homepage atau Url artikel yang ingin anda cek, kemudian tekan tombol Analyze setelah itu anda akan melihat hasilnya.

Pagespeed Insigh akan memberikan anda nilai 1 - 100, Template yang baik akan berwarna hijau seperti gambar diatas, jika kuning atau merah berarti anda harus memerbaiki dan google pagespeed Insigh akan memberikan saran apa saja yang harus diperbaiki.

2. Template harus Resposive

Cara Mengenali Template Blog Yang Baik

Cara berikut ini adalah usahakan agar anda memilih template blog yang responsive yang artinya template dimana tampilan halamannya akan selalu menyesuaikan dengan ukuran layar tanpa harus menggesaer scroll.

Cara mengetahui Template yang Responsive

Untuk mengetahui template yang anda gunakan sudah memenuhi standard responsive atau tidak silakan gunakan tool yang kami rekomendasikan dan silakan buka  http://responsinator.com/  kemudian masukan Url Homepage blog anda.

Design blog responsive sangat berhubungn atau berkorelasi dengan suksesnya peringkat SEO, Template responsive secara tidak langsung memiliki andil terhadap rengking SEO dan artinya blog yang memakai template yang memenuhi standar responsive dapat meningkatkan  rangking di halaman pencarian.

3. Template harus mendukung SEO Friendly

Cara yang ketiga untuk mengetahui template yang baik adalah template yang mendukung SEO Friendly, artinya template SEO Friendly yang ramah terhadap mesin pencari atau struktur template dibuat sedemikan rupa sehingga memiliki unsur-unsur yang disukai oleh mesin pencari, baik Google,  Yahoo,  DuckDuckGo,  StarPage,  dan lainnya.

4. Template harus memiliki Struktur Data (Schema markup) yang baik 

Cara Mengenali Template Blog Yang Baik

Struktur data adalah kode khusus yang disiapkan pada kode html template blog yang bertujuan agar mesin pencari lebih mudah memahami kandungan setiap text pada halaman blog.

Blog yang memiliki struktur data yang baik adalah blog yang bukan hanya srtuktur data schema markupnya tidak error atau tidak salah, tetapi blog tersebut harus mampu menggunakan schema markup yang tepat untuk jenis blognya.

Untuk melihat apakah struktur schema markup pada template blog anda sudah baik, anda bisa gunaan tool yang telah disediakan oleh google yaitu struktur data testing tool.

Silakan buka  https://validator.schema.org/ dan jalankan test nya.

Terima kasih sobat telah membaca artikel "Cara Mengenali Template Blog Yang Baik" Semoga postingan saya di atas bisa bermanfaat. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Traveloffline.

DATADIKDAS.COM
DATADIKDAS.COM 404 Not Found!

Posting Komentar untuk "Cara Mengenali Template Blog Yang Baik"