Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Makanan Enak Ini Ternyata Bikin Perut Kamu Tambah Lapar!

Traveloffline.us - Hallo sobat semua di manapun kalian berada, pada artikel kali ini admin akan membagikan lagi Tips Kesehtan tentang 10 Makanan Enak Ini Ternyata Bikin Perut Kamu Tambah Lapar!. Supaya sobat paham yuk simak artikel ini sampai selesai.

Makanan Enak Ini Ternyata Bikin Perut Kamu Tambah Lapar

Pernah gak sih kamu merasa lapar meski kamu baru saja mengonsumsi makan? Hal ini tentu membuat kamu terlihat rakus. Padahal, makanan seharusnya bisa membantu kamu merasa jadi kenyang. Jika kamu mengalami hal tersebut, mungkin kamu bisa menyalahkan pada beberapa jenis makanan yang kamu konsumsi.

Pemilihan makanan yang salah akan memengaruhi otak dan memproduksi hormon kelaparan. Peningkatan hormon inilah yang akan membuat kamu jadi ingin terus-menerus mengunyah makanan, makan menggila dan terus-terusan ngemil.

Tanpa kamu sadari, makan lebih banyak karena lapar terus-menerus membuat tubuh pun berisiko jadi gemuk. Jadi, sebelum hal tersebut terjadi alangkah baiknya kamu berhati-hati dalam memilih makanan, jika nggak mau berat badanmu jadi meningkat.

10 Makanan Enak Ini Ternyata Bikin Perut Kamu Tambah Lapar

Nah, berikut daftar makanan yang mampu memancing nafsu makanmu jadi lebih menggila.

1. Mie Instan

Siapa yang nggak suka sama mie instan? Makanan dengan harga terjangkau dan cara membuatnya yang praktis ini bikin kita semua mengandalkan mie untuk santapan lezat saat lapar. Namun, kadar glikemik yang tinggi di dalam mie instan ternyata membuat kamu merasa cepat lapar.

Menurut para peneliti di University of Sussex in the U.K. mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi penguat rasa dalam produk makanan akan merasakan lapar 30 menit lebih cepat daripada orang yang gak mengonsumsi penguat rasa. Tuh, jadi jelas kan kenapa kalau makan mie kamu cepat lapar lagi?

2. Kentang Goreng dan Keripik

Meskipun kentang merupakan bagian dari sayuran yang berkarbohidrat tinggi, tetapi manfaat baik tersebut akan tertutupi oleh tepung untuk menggoreng yang mengandung karbohidrat sederhana. Kentang goreng dan keripik kentang adalah cemilan asin yang bisa dikatakan musuh utama diet.

Meskipun kelezatannya selalu menggiurkan, sayangnya camilan ini nggak cepat bikin kamu kenyang. Malah akan membuat kamu terasa cepat lapar. Rasa asin yang dihasilkan kentang menempatkan kamu makan goreng kentang terlalu banyak dan tanpa kamu sadari kamu nyemil terus-menerus tanpa merasa cukup kenyang.

3. Biskuit dan Kue Kering

Makanan olahan berbahan tepung seperti biskuit dan kue kering sering dikonsumsi untuk mengganjal perut yang lapar. Namun seperti yang diungkap oleh situs care2, makanan ini hanya akan mengenyangkan perut dalam jangka waktu yang sebentar, dan memicu rasa lapar datang lagi dalam waktu singkat. Untuk mengatasi hal ini, pilihlah biskuit dengan bahan whole grain dan mengandung sedikit gula.

4. Roti

Roti mengandung karbohidrat simple yang bisa memicu rasa laparmu lebih cepat. Roti juga merupakan makanan ber-indek glikemik tinggi yang bisa meningkatkan gula darah dengan cepat dan mampu merangsang otakmu untuk ketagihan mengonsumsinya lagi.

Memang, roti adalah makanan praktis yang sering dipilih hampir semua orang untuk mengganjal perut yang sedang dilanda lapar. Tapi, kandungan tepung terigu dan gula yang cukup tinggi dalam roti hanya akan membuatmu terasa kenyang sementara. Hasilnya, meski telah memakan roti kamu akan tetap merasa lapar dan selalu ingin menyantap banyak makanan olahan lainnya.

5. Sereal Manis

Banyak orang memilih sarapan dengan sereal, karena praktis penyajiannya. Namun, jika tujuan sarapan untuk menjaga perut kenyang maka memilih sereal bukanlah solusi untuk memenuhi kebutuhan perutmu.

Kenapa? Karena sereal yang lebih banyak mengandung tepung terigu dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Akibatnya, kamu akan merasa cepat lapar meski telah sarapan dalam jumlah yang banyak. Pilihlah sereal yang tak mengandung gula banyak atau topping dengan pemanis buatan.

6. Makanan yang Mengandung MSG Berlebih

Monosodium glumat (MSG) adalah bahan kimia yang ditambahkan dalam makanan, agar rasa makanan tersebut menggugah selera penikmatnya. Kamu bahkan bisa menjumpai bahan kimia ini di hampir semua jenis makanan kemasan, terutama camilan. Para peneliti di Universiti of Sussex juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi MSG dalam kurang dari 30 menit (setelah mengonsumsinya) akan merasakan lapar lagi. Itulah kenapa camilan asin bikin berat badanmu cepat naik.

7. Daging Olahan

Daging olahan yang mengandung MSG berlebih ternyata meningkatkan nafsu makan seseorang hingga 40%. Orang yang sering mengonsumsi daging olahan berisiko tiga kali lebih besar untuk mengalami kelebihan berat badan. Semakin banyak daging olahan yang kamu makan, makin laparlah perut kamu.

Daging olahan juga terkadang dibuat dengan daging yang banyak mengandung lemak sehingga memicu penyumbatan pembuluh darah. Buat kamu yang sering makan daging olahan sebenarnya memperpendek hidup sendiri karena berisiko tinggi penyakit jantung dan kanker. Serem kan? Jadi, masih mau mengonsumsi daging olahan secara berlebih?

8. Permen Karet

Permen karet adalah sarana yang bisa membuat perut kamu kelaparan. Karena mengunyah permen karet akan menimbulkan air liur terus keluar dari rongga mulut. Hal inilah yang akan membuat lambungmu mengeluarkan cairan asam lambung untuk mempersiapkan diri menerima makanan yang ditelan. Tapi, karena permen karet nggak bisa kamu telan, maka tubuh hanya akan terus mengeluarkan sinyal lapar. Jadi, siapa bilang permen karet bisa membuat kamu gak laperan?

9. Jus

Biasanya jus masih menjadi favorit bagi pecinta diet hingga kini. Ini karena banyak yang menganggap jus adalah cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari sayuran atau buah-buahan yang menyehatkan. Namun, ternyata jus seringkali kehilangan nutrisi penting tertentu.

Karena jus yang banyak kandungan gula dan terlalu banyak air justru akan kehilangan seratnya. Jika mengonsumsi jus yang terlalu banyak kandungan gulanya, dapat menyebabkan lonjakan gula dan hal inilah yang akan membuat kamu cepat merasa lapar. Jus memang baik dikonsumsi kamu saat sedang diet, tapi mengurangi gula dalam jus tersebut juga akan mengurangi penyakit diabetes.

10. Sushi

Makanan jepang yang satu ini mungkin terdengar sehat dan mengenyangkan karena menggunakan bahan daging ikan pilihan. Sayangnya kebanyakan sushi mengandung karbohidrat berlebih karena menggunakan nasi putih. Misalnya nih, California Roll Sushi yang kandungan karbohidratnya setara dengan tiga iris roti tawar. Seperti tepung putih, nasi putih dan pasta putih tentunya akan membuatmu cepat lapar karena mengandung karbohidrat sederhana yang cepat dicerna tubuh. Hayo, siapa yang udah makan sushi tapi 30 menit kemudia laper lagi?

Itu dia makanan yang bisa bikin perut kamu makin lapar setelah mengonsumsinya. Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan tersebut jika gak mau berat badanmu makin bertambah. Selain membuat lapar lebih cepat, makanan di atas juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuhmu. Mulai sekarang, bijaklah dalam memilih makanan agar tubuh selalu segar dan bugar setia hari.

DATADIKDAS.COM
DATADIKDAS.COM 404 Not Found!

2 komentar untuk "10 Makanan Enak Ini Ternyata Bikin Perut Kamu Tambah Lapar!"