Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Perlengkapan Untuk Menghasilkan Video yang Bagus

Traveloffline.us - Perlengkapan Untuk Menghasilkan Video yang Bagus. Tidak bisa dipungkiri jika media saat ini mengalami perkembangan yang begitu pesat, contohnya saja seperti postingan dalam sosial media, jika dulu kita lebih banyak melihat konten dalam bentuk foto dan kata-kata, kini konten berbentuk video pun mulai menunjukkan performanya. 

Pasalnya konten dalam bentuk video terbukti lebih banyak diminati orang-orang. Contohnya saja Tiktok yang berhasil menarik perhatian banyak orang melalui konten utamanya yang berbentuk video, begitupun dengan youtube dan instagram yang kini mulai memunculkan konten dalam bentuk video.

Hal ini tentu memancing banyak orang untuk membuat video sebagai konten dalam sosial media, untungnya perkembangan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk membuat video melalui media yang sederhana sekalipun, berbeda dengan dulu dimana membuat video dibutuhkan perlengkapan yang canggih dan mahal. Mungkin hal ini jugalah yang menjadikan konten video lebih mudah dibuat pada zaman sekarang ketimbang dulu.

Sayangnya untuk menghasilkan video yang bagus tentu dibutuhkan perlengkapan serta ilmu yang mumpuni. Sehingga ada perlengkapan yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat video. Terlebih bagi kamu yang ingin menjadi content creator maupun menghasilkan uang dari konten.

Perlengkapan Untuk Menghasilkan Video yang Bagus

1. Kamera

Kamera adalah alat nomor 1 yang harus dimiliki sebelum membuat video. Jika kamu berpikir bahwa semakin bagus kamera maka semakin bagus juga video yang dihasilkan, kamu tidak salah. Sayangnya untuk memiliki kamera yang bagus juga dibutuhkan dana yang cukup, bagi kamu yang tidak memiliki budget besar untuk membeli kamera sekelas  DSLR ataupun mirrorless, jangan berkecil hati sebab kamu masih bisa memanfaatkan kamera dari ponselmu.

Sebab saat ini kamera ponsel pun sudah banyak yang bagus sehingga bisa menghasilkan video yang tak kalah dengan kamera asli.

2. Lensa

Jika kamu ingin membuat video dengan menggunakan kamera seperti DSLR atau mirrorless, maka lensa memegang peran penting untuk membuat video jadi lebih berkualitas. Ada 6 jenis kamera yang biasanya dimiliki oleh kamera sejenis DSLR maupun mirrorless.

Lensa Kit Bawaan Kamera

Lensa ini biasanya menjadi standar pelengkap apabila kita membeli kamera. Meski gambar yang dihasilkan tidak terlalu tajam dan jernih, tapi bukan berarti kamu tidak bisa memanfaatkan lensa kit. Lensa ini bisa kamu gunakan untuk mempelajari caranya memaksimalkan penggunaan lensa serta belajar soal sudut pandang dan perspektif.

Lensa Telephoto

Lensa ini memiliki kemampuan yang luar biasa untuk memperbesar suatu objek yang posisinya berada sangat jauh. Sehingga lensa tele memberikan kenyaman untuk merekam maupun mengambil gambar dari jarak jauh.

Lensa Macro

Lensa macro memiliki kemampuan untuk mengambil gambar secara close up sekaligus menampilkan objek yang bentuknya sangat kecil. Contohnya seperti serangga, tetesan embun, serta objek mini lainnya.

Lensa Fixed Focal atau Lensa Prime

Lensa ini hanya memiliki satu focal lenght sehingga dia tidak memiliki kemampuan untuk zooming. Sehingga lensa ini membuat objek utamanya lebih menonjol dengan foreground dan background yang blur.

Lensa Wide Angel

Seperti namanya, lensa ini memiliki sudut pandang yang sangat luas. Sehingga lensa ini memiliki kemampuan untuk menangkap lebih banyak objek ke dalam satu frame yang sama. Sehingga lensa ini memberikan efek yang luas pada gambar.

Lensa Fisheye

Lensa ini sebenarnya tidak umum digunakan dalam kegiatan sehari-hari karena distorsi yang dimilikinya adalah ultra wide angle. Sehingga lensa ini menghasilkan gambar yang cenderung cembung.

3. Tripod dan Stabilizer

Kamu tentu tidak menginginkan hasil video yang goyang atau tidak stabil bukan? Maka di sinilah peran penting tripod maupun stabilizer untuk menghasilkan video yang minim guncangan.

Tripod sendiri digunakan sebagai dudukan kamera agar kokoh dan minim gerakan, sehingga video yang dihasilkan juga nyaman ditonton. Sedangkan stabilizer digunakan untuk mengambil video dalam keadaan sambil bergerak. Contohnya seperti vlog dimana pemegang kamera biasanya sambil berjalan atau bahkan berlari, maka stabilizer berfungsi agar video yang dihasilkan tidak ikut goyang.

4. Lightning

Video yang bagus tentu haruslah cerah agar penonton nyaman melihatnya, sehingga dibutuhkan pencahayaan yang bagus untuk menghasilkan video yang cerah. Meski cahaya matahari bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, sayangnya tidak semua kondisi bisa memanfaatkan cahaya matahari. 

Terlebih jika kamu mengambil video di malam hari, atau di sebuah ruangan tertutup maka perlu adanya cahaya tambahan untuk menunjang kualitas video. Cahayanya sendiri bisa didapatkan dari lampu, ringlight, lampu softbox, dll.

5. Microphone

Dalam sebuah video tentu dibutuhkan suara yang mengiringinya juga. Contohnya saja jika video vlog maka ada suara dari pemilik vlog tersebut, begitu juga dengan video tema-tema tertentu seperti review, mukbang, informasi dan lain sebagainya.

Jika begini maka kamu perlu bantuan alat untuk menunjang agar suara yang dihasilkan jernih dan bersih. Inilah fungsi microphone agar bisa menangkap suara objek dengan lebih jelas tanpa adanya gangguan suara di sekitar yang ikut masuk.

6. Software Editing

Ketika video selesai diambil, tentu video tersebut tidak bisa langsung dipost mentah-mentah. Melainkan butuh proses editing untuk membuang bagian-bagian yang dirasa tidak perlu sekaligus membuat video lebih menarik.

Di sinilah pentingnya editing, kamu bisa melakukan editing dengan bantuan software seperti Adobe Premiere, Final Cut Pro X, dan masih banyak lainnya. Jika kamu mengedit videomu lewat ponsel maka kamu bisa menggunakan kinemaster, VN video, dll.

Terima kasih sobat telah membaca artikel "Perlengkapan Untuk Menghasilkan Video yang Bagus". Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Traveloffline.

DATADIKDAS.COM
DATADIKDAS.COM 404 Not Found!

1 komentar untuk "Ini Dia Perlengkapan Untuk Menghasilkan Video yang Bagus"

  1. Bagi seorang youtuber pemula sangat diperlukan sekali alat2 ini untuk mendukung channel nya. Informasi yang bermanfaat gan.

    BalasHapus