Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Megetahui Cara Kerja Algoritma Pada Sosial Media

Traveloffline.us - Hallo Teman-teman semua di manapun kalian berada, pada postingan kali ini saya akan akan membagikan Informasi tentang Megetahui Cara Kerja Algoritma Pada Sosial Media. Untul detailnya yuk simak postingan ini sampai selesai.

Megetahui Cara Kerja Algoritma Pada Sosial Media

Melihat perkembangan teknologi saat ini, rasanya sangat jarang apabila seseorang tidak memiliki sosial media. Tentu kamu adalah salah satu penggunanya bukan? Baik itu facebook, instagram, twitter, tiktok, atau apapun itu yang jelas kamu pasti memiliki akun di salah satunya atau bahkan semuanya.

Dan sudah bukan rahasia lagi jika seseorang bisa menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk memandangi sosial media, entah itu menonton video, melihat berita, atau memposting sesuatu. Hal ini tentu sudah menjadi kebiasaan yang terus berputar setiap harinya. Lantas apa sih yang membuat sosial media begitu menarik bagi penggunanya? Yap, salah satunya adalah konten yang disuguhkan.

Jika begitu di sinilah algoritma berperan penting dalam menyaring setiap kesukaan penggunanya. Bisa dibilang algoritma bekerja untuk mengatur setiap informasi yang beredar dalam sistemnya. Sehingga setiap platform memiliki algoritmanya masing-masing.

Untuk sosial media sendiri algoritma biasanya bekerja untuk merekam jejak kebiasaan penggunanya. Itulah mengapa ketika kamu menyukai hal-hal yang berbau otomotif misalnya, maka konten yang muncul pun tidak akan jauh dari sesuatu yang berhubungan dengan otomotif.

Lalu darimana algoritma bisa mengetahui bahwa kamu menyukai otomotif? Salah satunya adalah dari interaksi yang sering kamu lakukan di platform tersebut, misalnya kamu sering menyukai postingan mengenai otomotif, di sinilah algoritma merekam jejak bahwa kamu menyukai otomotif, sehingga platform tersebut akan merekomendasikan banyak hal yang berbau otomotif agar kamu betah berlama-lama di sana.

Untuk mengetahui penjelasan lengkap tentang cara kerja algoritma pada setiap sosmed, kamu bisa menyimak penjelasan di bawah.

Algoritma Dalam Sosial Media

Algoritma adalah seperangkat aturan matematika yang menentukan bagaimana sekelompok data berperilaku. Untuk media sosial sendiri algoritma bekerja sebagai penjaga ketertiban, hal inilah yang membantu dalam menentukan peringkat hasil pencarian dan iklan.

Dari 4 miliar pengguna internet yang terdeteksi saat ini, ada sekitar 3 miliar yang bisa dipastikan sebagai pengguna media sosial. Jumlah ini pun akan terus bertambah seiring berkembangnya teknologi ke depan. Itulah kenapa algoritma sangat penting dalam menentukan validitas dan penempatan akun pada konten media sosial.

Meskipun tidak ada buku pasti tentang bagaimana cara mempertahankan algoritma,  setidaknya kamu harus mengetahui tentang bagaimana caranya melakukan manuver lanskap media sosial dan berhasil menerapkannya. Hal ini pada akhirnya mendorong para pengguna sosial media untuk membuat maupun mengirimkan konten yang relevan, berkualitas tinggi, serta terlibat dengan konsumen.

Setiap media sosial memiliki algoritma yang bervariasi tergantung pada platformnya itu sendiri. Seperti contohnya Facebook, Twitter, Instagram, Youtube ataupun Tiktok yang belakangan ini sedang ramai. Berikut adalah bagaimana algoritma bekerja pada masing-masing platform, serta bagaimana mereka saat ini memberikan peringkat konten dan pengguna.

Cara Kerja Algoritma Pada Sosial Media

1. Facebook

Kunci algoritma facebook ialah terletak pada keterlibatan pelanggan di dalamnya. Sehingga Facebook akan mengumpulkan seluruh postingan yang ada lalu mereka akan melakukan penilaian pada postingan tersebut berdasarkan tipe postingan, waktu posting, dll. Lalu facebook akan menyingkirkan postingan yang sekiranya tidak mendapatkan engagement berdasarkan performa dari user tersebut.

Alhasil facebook akan mengatur urutan konten berdasarkan jenis dan format yang berbda sehingga user akan mendapatkan berbagai postingan yang menarik untuk discroll.

 Baru-baru ini algoritma Facebook bahkan memiliki sistem manajemen spam, dimana mereka telah membuang lebih dari 500 juta akun palsu.

2. Instagram

Singkatnya, Algoritma Instagram melakukan perhitungan secara otomatis untuk memilih postingan yang terbaik agar bisa mencapai titik teratas ketika pengguna mengaksesnya. Sehingga algoritma berperan penting untuk membuat suatu konten muncul pada akun pengguna.

Instagram sendiri menggunakan newsfeed yang sudah diatur oleh algoritma untuk menampilkan konten sesuai dengan minat maupun aktivitas penggunanya. Sehingga selain menampilkan postingan dari orang-orang yang kita ikuti, algoritma instagram juga akan memunculkan postingan berdasarkan apa yang kita sukai. 

3. Twitter

Secara umum, algoritma Twitter akan menampilkan konten di beranda sesuai dengan topik yang sering kali berinteraksi dengan pengguna. Sebagai contoh, misalnya kamu sering berinteraksi dengan akun-akun mengenai kesehatan serta topik yang berbau kesehatan. Maka secara otomatis timeline-mu akan diisi oleh hal-hal yang berbau kesehatan.

Selain itu, Twitter juga memiliki suatu keunikan karena peringkatnya bukan hanya didasarkan pada hubungan dengan pengguna, melainkan dengan waktu dan tanggal yang diposting juga. Sehingga konten yang paling update memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan berita harian. Jumlah komentar yang ada pada suatu tweet juga akan mempengaruhi peringkatnya.

4. Youtube

Algoritma Youtube bekerja sebagai sistem penyajian video yang didasarkan pada minat setiap penontonnya secara real time. Ada sekitar 500 jam video yang terupload dalam setiap menitnya di youtube. Sehingga algoritma inilah yang menyaring agar video yang muncul di beranda kita sesuai dengan minat setiap penggunanya.

5. Tiktok

Cara kerja algoritma Tiktok juga didasarkan pada interaksi yang dilakukan oleh pengguna dengan akun-akun tertentu. Sehingga pengguna akan lebih sering melihat konten dari akun-akun tersebut.

Misalnya jika kamu mengunggah suatu video, maka algoritma Tiktok akan membagikannya ke suatu kelompok kecil. Jika dari kelompok ini banyak pengguna lain yang menyukainya maka Tiktok akan menyebarkannya ke pengguna lain yang memiliki minat yang sama dengan kelompok yang pertama. Terus seperti itu hingga videomu tersebar secara luas.

Demikian informasi mengenai cara kerja algoritma pada sosial media. Semoga informasi di atas bisa membantumu, ya.

DATADIKDAS.COM
DATADIKDAS.COM 404 Not Found!

10 komentar untuk "Megetahui Cara Kerja Algoritma Pada Sosial Media"